Tadarus Al quran

Assalamualikum w.b.t

Ramadhan| Selesai majlis tadarus Al Quran



Alhamdulillah,sepanjang bulan ramadhan yang lalu,pejabat tempat kerja khaty telah mengadakan sesi tadarus Al Quran di kalangan pegawai yang terlibat.Alhamdulillah,ini adalah anjuran kali yang ke 2 oleh biro agama dari kelab jabatan

Membaca Al-Quran 

"Allah SWT telah memerintahkan kita selain untuk membaca, juga mendengarkan Al-Quran Dan apabila dibacakan Al-Qur’an, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat .(QS. Al-A’rah: 204)"
"Namun apabila para seperti masih lemah bacaannya, sebaiknya mereka tidak dilepas membaca Al-Quran sendirian. Perlu ada ustadz yang membetulkan bacaannya. Sehingga yang perlu dilakukan bukan ‘tadarusan’, tetapi belajar membaca Al-Quran. Atau istilah yang sekarang populer adalah tahsin Al-Quran atau tahsin tilawah. Tahsin artinya membaguskan bacaan. "
"Tentu saja harus ada ustadz yang ahli dalam membaca Al-Quran. Dan tidak boleh seseorang dibiarkan membaca dengan salah baik makhraj maupun tajiwidnya. Mereka harus didampingi oleh yang sudah baik bacaannya, dibimbing dan dibenahi bacaannya dengan baik."
Tadarus di Masa Nabi 
Tadarus dalam arti yang sebenarnya, yaitu mempelajari isi dan kandungan al-Quran di masa nabi SAW adalah dengan cara mempelajari beberapa ayat, setelah mendalam dan mengerti, baru diteruskan lagi beberapa ayat.
Dari Ibnu Mas’ud ra berkata: “Adalah seorang dari kami jika telah mempelajari 10 ayat maka ia tidak menambahnya sampai ia mengetahui maknanya dan mengamalkannya”
Hadits ini di-shahih-kan oleh Syaikh Ahmad Muhammad Syakir dalam tahqiq-nya atas tafsir At-Thabari (I/80).
Bahwa mereka yang menerima bacaan dari Nabi SAW(menceritakan) adalah mereka apabila mempelajari 10 ayat tidak pernah meninggalkannya (tidak menambahnya) sebelum mengaplikasikan apa yang dikandungnya, maka kami mempelajari ilmu Al-Qur’an dan amalnya sekaligus.

Bersama-samalah kita mengamalkan membaca al quran sentiasa untuk menambahkan lagi bilangan pahala di akhirat kelak.Amin

2 komen:

  1. Alhamdulillah, seronok ada aktiviti begini. Terisi masa kita kan...

    ReplyDelete
  2. CT buat kejap ngan mak.. tp sbb dia sebok kene keje lastnya
    bace jela sorang2 hehe

    ReplyDelete